Sabtu, 04 Juli 2009

Kunjungan Ke Banten Lama 24-26 Juni 2009 (Jurusan SPI- UIN SGD Bandung)

BENTENG SPEELWIJK

Benteng Speelwijk terletak di Kampung Pamarican dekat Bandar Pabean, sekitar 600 m di sebela barat laut Keraton Surosowan, berdenah persegi panjang tidak simetris, dan pada setiap sudurtnya terdapat baston. Tembok benteng ini masih utuh tetapi sebagian sudah mengalami kerusakan. benteng ini didirikan pada tahun 1585 oleh Belanda di atas reruntuhan sisi utara tembok sekeliling kota Banten. Dibagian luar benteng terdapat parit buatan yang mengelilinginya.

Bagian dalam benteng Speelwijk terdiri dari beberapa ruangan, hanya sebagian saja dari ruangan ini yang tersisa, selebihnya hanya sisa-sisa pondasi yang tersusun atas batu-bata. Untuk memasuki ruangan-ruangan di dalam benteng Speewijk, orang terlebih dahuluharus melalui lorong yang sempit yang berkelok. Ruangan yang sampai kini masih tampak utuh adalah ruangan disisi barat daya benteng. berukuran 4x6 m dengan dua lubang angin berbentuk segi empat tepat di bagian atap. Ruangan ini di duga dahulu adalah penjara.

Bagian kiri ruangan ini terdapat satu ruangan lagi berukuran 1x2 m, ruangan ini diduga semacam sel khussu. Ada dua buah gerbang berbentuk lekung di dinding sisi utara, di bagian sisi dalam tembok utara terdapat undakan berupa anak tangga untuk menuju ke atas tembok benteng. Nama yang diberikan pada benteng belanda ini adalah nama untuk menghormati gubernur jendral Cornelis Janszzon Speelman yang bertugas antara tahun 1681-tahun1684.


Di duga bekas bangunan gereja... terletak di dalam benteng Speelwijk

Kuburan yang terletak di dalam benteng Speelwijk..


Foto2 di dalam benteng Speelwijk




FotoBy: Rizky N

Tidak ada komentar:

Posting Komentar